Friday, February 9, 2018

pengertian TLS/SSL pada website

Halo semuanya kembali lagi ke sini hehe. Kali ini saya akan membahas apa itu SSL/TLS pada webiste

Sering kita mendengar malah melihat TLS/SSL. Tapi kita tidak tau makna dan artinya dari 2 kata tersebut sebenarnya mereka singkatan.



Nah seperti gambar di atas. Jika sudah ada tulisan Secure nya maka kita bisa di katakan aman dari yang namanya penjahat(hacker) bukan berarti aman 100% karna tidak ada yang 100% aman.

Sering kita berselancar tapi jarang kita memperhatikan hal kecil seperti di atas.
Sebuah Website jika sudah memiliki SSL maka baru di katakan Website yang aman karna setiap data yang akan masuk/keluar(TLS) akan di enkripsi lalu didekripsi oleh server,dan TLS itu sendiri.

Website yang aman akan menujukan sertifikat SSL nya dan bergambar seperti di atas(secure).

Oke langsung saja kita ke TKP

Sering kita mendengar SSL/TLS ketika kita menyambangi website. Tapi apakah kita tau maksud dari keduanya ?.

SSL (Secured Socket Layer) adalah sebuah teknologi enkripsi (persandian) yang dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1994 untuk mengamankan HTTP (menjaga pengiriman data antara web server (situs) dengan pengunjungnya. Ada beberapa versi SSL, versi 2 dan versi 3, tetapi versi 3 paling banyak digunakan saat ini. Saat kita mengakses situs yang terenkripsi SSL kita bisa merasa lebih aman dalam mengirimkan data sensitif ke situs tersebut.
Apabila Anda mempunyai situs misalnya untuk bisnis online, untuk mengaktifkan SSL pada situs tersebut, anda perlu memasang sertifikat SSL yang sesuai dengan server dan situs anda. Saat seorang pengunjung mengakses situs yang terenksripsi SSL biasanya bisa dilihat dari indikator/ikon gembok pada browser atau juga alamat situs yang diakses diindikasikan dengan warna hijau pada baris alamat browser. Setelah SSL terpasang, anda bisa mengakses situs anda secara aman dengan mengganti URL yang sebelumnya misalnya http://informasi-geek.blogspot.com menjadi https://informasi-geek.blogspot.com
Sedangkan Untuk TLS TLS (Transport Layer Security) adalah salah satu protokol pada jaringan komputer yang dapat menjaga kerahasiaan data yang dikirim oleh suatu client ke server ataupun juga sebaliknya  sehingga Third-party (pihak ketiga) pada proses komunikasi tersebut tidak dapat menyadapnya.
Nah jadi tau kan arti keduanya.
Nah kita sudah pahamkan tentang keduanya SSL/TLS itu fungsi nya sama yaitu mengamankan data yang akan masuk atau keluar dari sebuah website/server
Contoh seperti SSH,SFTP,dll
Oke terimakasih sudah berkunjung
See you next post waiting for tips,tricks,news,and tutorial.

No comments:
Write comments