Thursday, January 5, 2017

cara memberi bandwidth di mikrotik menggunakan winbox

Oke hari ini kita akan membahas pembagian bandwidth menurut ip. sudah lama saya molor dari jadwal saya yang akan menulis post tentang ini,dari yang saya janjikan di facebook saya,hingga saya kembali ke sini dan masih belum ada waktu buat nulis post tentang bandwidth ini.Maklum urusan duniawi lebih penting :D
Oke langsung saja tidak usah kelaamaan.
Terkadang kita suka jengkel dengan orang yang mengakses hotspot/LAN kita lalu dia mendownload file gajah dan menyebabkan koneksi yang lain menjadi lama/lemot,nah maka dari itu kita penting untuk membagi bandwidth antar user/LAN access yang akan menggunakan internet agar mereka tidak lagi mendownload file gajah.Pada post kali ini saya menggunakan simple queues untuk membagi bandwith.
Kuran lebih topologi nya seperti ini

interface 2 akan di gunakan untuk client 1
interface 3 akan di gunakan untuk client 2
interface 4 akan di gunakan untuk client 3
dan untuk interface 1 akan di gunakan untuk keluar masuk nya data  dari internet.
Pada masing-masing interface akan di bagi bandwidth nya seperti ini
Download : 4 Mb/3 = 1333 Kb
Upload : 1 Mb/3 = 333 Kb
Oke kita mulai
1.setting terlebih dahulu setiap interface agar bisa berinternet seperti setting=dhcp-client,ip address untuk beberapa ether/interface,dhcp-server,NAT,DNS,
2.setting IP untuk interface2-4 seperti topologi di atas
3.untuk membagi bandwidth masuk ke menu queues--->simple queues--->klik tombol + yang berada di bawah simple queues,atau seperti di bawah

4.pada saat di general
 -beri nama rulenya
 -targetnya yaitu interface2/ether2/10.10.10.1
 -max limit:
  -target download ; 1333Kb
  -target upload : 333Kb

5.silahkan ke advanced sebelah tab general
 -Limit At
  -Target upload: 333k
  -Target download:1333k
setelah itu klik apply,untuk mengggunakan semua ether tinggal click copy lalu tinggal ganti interface/ethernya
Oke untuk hari ini cukup sekian,mohon maaf jika tidak bagus/jelek dan berantakan tapi saya kan terus memperbaiki nya
see you next pos
Source:mikrotikindo

No comments:
Write comments